Selasa, 02 Desember 2014

Kue Apem

11.06 Posted by fahri firdaus No comments



Apem adalah kue terbuat dari tepung beras hasil fermentasi. Apem biasanya dimakan disertai dengan pemanis atau Kinca yang terbuat dari gula jawa dan santan. Di daerah Cirebon ada sebuah tradisi yang biasanya dilaksanakan pada Bulan Sapar, tradisi tersebut dikenal dengan Tradisi Saparan.
Masyarakat Cirebon percaya, di bulan ini, mereka harus menghindari perjalanan jauh dan  tidak mengerjakan perkerjaan yang berbahaya. Di bulan ini masyarakat Cirebon diharuskan memperbanyak membantu orang lain dan memperbanyak sedekah khususnya untuk anak-anak yatim, para janda tua dan kaum jompo, selain itu mereka juga harus lebih meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi diantara sesama. Berkaitan dengan ini maka masyarakat Cirebon selama bulan ini melakukan 3 macam kegiatan yang dikenal dengan “Ngapem, Ngirab dan Rebo Wekasan.
Ngapem berasal dari kata Apem, Apem biasanya dimakan dengan pemanis (Kinca) yang terbuat dari gula jawa dan santan. Umumnya masyarakat Cirebon masih melakukan ini dengan membagi-bagikan ke tetangga, yang intinya adalah bersyukur (Selametan) di bulan Sapar agar kita terhindar dari malapetaka. Pesan yang diambil dari Apem dan Kinca ini juga melambangkan kita untuk lebih memperhatikan fakir miskin, tetangga dan kerabat dekat untuk lebih mempererat tali silaturahmi karena di bulan ini penuh dengan malapetaka.
Apem bagi masyarakat Cirebon juga melambangkan dirinya, oleh karena itu pada saat memakannya harus di celupkan di kinca yang melambangkan darah. Tradisi Ngapem juga mengingatkan adanya kemungkinan terkena musibah. Ada juga cerita dari beberapa sumber bahwa tradisi ngapem ini berasal dari keraton yang sering membagi-bagikan apem di bulan ini, ada juga diartikan pada masa penjajahan belanda di Cirebon bahwa apem melambangkan belanda yang harus di musnahkan dari cirebon dengan memasukan apem ke dalam kinca.
Seperti diketahui, Kesultanan Banten dulu memiliki hubungan yang erat dengan Kesultanan Cirebon. Sehingga pertukaran budaya sangat mungkin terjalin pada saat itu. Termasuk urusan kuliner, beberapa makanan khas yang terdapat di Banten (Pandeglang), beberapa diantaranya memiliki kesamaan dan mirip dengan kuliner yang berada di tatar Cirebon termasuk Kue Apem ini. Dan untuk mengetahui bagaimana sisi kehidupan para pembuat kue apem di Pandeglang, berikut ini catatan yang dibuat mengenai sisi kehidupan seorang pembuat kue apem putih didaerah Cimanuk.

0 komentar:

Posting Komentar